'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
PWA Kalsel Gelar Pelatihan Kepemimpinan Perempuan
05 Maret 2019 19:08 WIB | dibaca 263

Peserta antusias Mengikuti Pelatihan

 

Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah – PWA Kalimantan Selatan mengadakan Pelatihan kepemimpinan Perempuan yang dilaksanakan oleh Majelis Pembinaan Kader Pimpinan Wilayah 'Aisyiyah Kalimantan Selatan yang berlangsung Sabtu-Ahad (2-3/2/19), kegiatan ini mengambil tema “ Penguatan Gerakan Perempuan Berkemajuan bertempat di Gedung ‘Aisyiyah di Banjarmasin.

 

Mengawali kegiatan ini para peserta dibekali dengan materi Visi,Misi dan Identitas ‘Asiyiyah sebagai Gerakan Perempuan Berkemajuan yang bertujuan mengangkat Harkat dan Martabat Perempuan sebagai Ibu Pendidik Utama dan Pertama dalam Keluarga serta bermanfaat untuk Umat khususnya para perempuan di tanah air. 

 

selain itu materi lainnya yang diberikan adalah tentang bagaimana sosok atau karakter seorang Pemimpin dan seni memimpin yang baik dalam Islam. pemateri yang disampaikan oleh Wakil ketua PWA Kalsel Hj.Musphyanti Chalik S.ST , M.Pd dan ketua Majelis Pembinaan Kader PWA kalsel  Hj. Musphiyanida Chalik, M.Pd  lebih mengajak peserta untuk mengenali potensi diri sendiri serta kekurangan yang ada pada dirinya, sehingga dengan mampu mengenali potensi dan kekurangan itu peserta juga dituntut mampu menganalisis potensi kekurangan, peluang dan tantangan dalam program kerja di bidangnya masing-masing.  

 

Hal ini penting karena seorang Pemimpin harus dapat memastikan dan mengevaluasi Program kerja berjalan dengan baik sehingga untuk menyusun kerangka kerja kedepan dapat dilakukan berdasarkan potensi, peluang dan tantangan yang ada.

 

Ketua Pimpinan wilayah ‘Aisyiyah Kalimantan Selatan Dr.Hj Yulia Qamariyanti, S.H, M.Hum  mengatakan bahwa kegiatan pelatihan kepemimpinan perempuan ini merupakan amanah dari Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah Majelis pembinaan kader yang baru saja menggelar konsolidasi Nasional kader ‘Aisyiyah , Training Of Trainer Sekolah kader ‘Aisyiyah dan Pelatihan Kepemimpinan Perempuan di Surakarta akhir Januari  2019 lalu. Dimana PWA kalsel mengikutkan empat orang kadernya dalam konsolidasi nasional tersebut, yakni dua orang dari Pimpinan Majelis Pembinaan Kader PWA kalsel yang diwakili Hj. Musphyanti, S. ST, M.Pd dan Hj. Muspianida. M.Pd serta dua orang dari unsur Pimpinan Daerah yang diwakili oleh PDA Banjarbaru Ir Hj. Sri Suharti dan PDA Banjar Hj. Novarina Inayati.S.Pd Sehingga perwakilan kader inilah yang akan menjadi fasilitator untuk melaksanakan pelatihan serupa di daerahnya masing-masing 

 

Menurut Yulia, PWA Kalimantan Selatan menjadi yang pertama  melaksanakan amanah Pimpinan Pusat ‘Asiyiyah dalam menggelar pelatihan ini. kegiatan ini rencananya  terus dilakukan untuk tingkat daerah dan cabang ‘Aisyiyah se Kalimantan Selatan.

 

Ouput yang diharapkan dari kegiatan ini, Para unsur Pimpinan ‘Aisyiyah Kalsel dapat meguatkan bidang dan perannya dalam program kerja yang sudah disusun. Sementara utuk output jangka panjang pelatihan ini juga sebagai pembinaan dan menyiapkan kader-kader Pimpinan ‘Aisyiyah masa depan.  

 

Peserta Pelatihan Kepemimpian Perempuan Berkemajuan ini diikuti oleh 50 peserta yang terdiri atas Pengurus harian dan Pimpinan pengurus Majelis ‘Aisyiyah Wilayah Kalimantan Selatan.

 

Kegiatan ini sangat disambut baik oleh para peserta, “ya pelatihan ini merupakan pemberi semangat dan mendrong kader sebagai Pemimpin untuk lebih aktif dalam menjalankan roda kepemimpinan agar program ‘Asiyiyah lebih maju dan berkembang” papar salah seorang peserta yang juga Wakil Ketua PWA Kalsel Hj. Maisunah, S.Pd.I. Hal yang senada juga dirasakan Bening Prawita M.Keb. dari Majelis Kesehatan PWA kasel,  “Sangat bermanfaat kegiatan ini lebih menggali lagi potensi yang ada dalam diri masing-masing Pimpinan dan menguatkan kita sebagai Pimpinan organisasi Perempuan dan juga Penguatan komitmen sebagai pengurus” pungkasnya. 

 

Selama pelatihan seluruh peserta berperan aktif dalam setiap materi yang disampaikan hingga sesi akhir.  Pelatihan ditutup dengan pemberian Apresiasi berupa bingkisan kepada peserta yang Aktif, kreatif serta disiplin selama dua hari mengikuti kegiatan Pelatihan ini.

 

Penulis: Nanik Hayati – Anggota LPPA PWA Kalsel

Shared Post:
Arsip Berita
Berita Terbaru
Berita Terkomentari