'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
'Aisyiyah Kalsel Gelar Seminar Dampak Psikologis Stunting
12 Juni 2019 22:39 WIB | dibaca 226
DUKUNG GENERASI SEHAT,  'AISYIYAH KALSEL MENGGELAR SEMINAR TENTANG DAMPAK PSIKOLOGIS STUNTING
 
BANJARMASIN - 'Aisyiyah terus menjadi terdepan, untuk ikut membantu kesuksesan program kesehatan nasional, termasuk dalam menghadapi stunting, guna mewujudkan tumbuh kembang generasi penerus bangsa berkualitas.
 
Majelis Kesehatan Pimpinan Wilayah 'Aisyiyah Kalimantan Selatan, menggelar seminar tentang dampak psikologis dan tumbuh kembang anak stunting, di aula kampus satu Universitas Muhammadiyah Banjarmasin, Jalan Letnan Jendral Siswondo Parman, sabtu (25/05/19).
 
Hadir para perwakilan pimpinan cabang 'Aisyiyah se-Kota Banjarmasin, bersama organisasi otonom Muhammadiyah bidang perempuan, baik dari Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, Angkatan Muda Muhammadiyah, dan Ikatan Pelajar Muhammadiyah.
 
Semuanya diberikan pengetahuan penting tentang stunting, guna bisa mengantisipasinya, untuk tumbuh kembang generasi penerus bangsa yang berkualitas.
 
Menurut Ketua Pelaksana  Srie Wardiati, tujuan kegiatan seminar ini adalah untuk  tambah pengetahuan tentang anak pertumbuhan lambat, sehingga generasi akan datang terselamatkan dengan tumbuh sehat.
 
sementara ketua Pimpinan Wilayah 'Aisyiyah Kalimantan Selatan DR. Hj. Yulia Qamariyanti S.H, M.Hum yang juga Hadir mengatakan "bahwa Tema stunting sudah menjadi konsentrasi 'Aisyiyah, baik dari tingkat pusat hingga wilayah. Bahkan kerjasama telah dijalin dengan Kementerian Kesehatan, hingga pemerintah daerah, untuk bersama mengatasi permasalahan kesehatan masyarakat".
 
Hadir sebagai narasumber, adalah Dekan Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Banjarmasin, Aziza Fitriah, M.Psi., Psikolog, dan Kepala Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi, dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel Didi Aryadi S.KM.
 
Seperti diketahui, stunting adalah kondisi tinggi badan anak yang lebih pendek dibanding anak normal seusianya.
 
Hal ini disebabkan kekurangan gizi kronis dengan manifestasi kegagalan pertumbuhan, yang dimulai sejak masa kehamilan hingga anak berusia dua tahun.
 
dalam seminar ini dibahas adalah dampak Psikologis Stanting, dimana ada dampak Psikologis Kognitif yang kurang Optimal, masalah Psikososial, dan kecemasan,meski demikian debgab stimulasi yang baik pengaruh negatif stanting dapat diminimalisir 
 
Untuk mencegah Stunting, salah satunya sang ibu harus memenuhi kebutuhan nutrisinya saat hamil. melakukan imunisasi lengkap terhadap anak, berprilaku hidup bersih dan sehat, memberikan air susu ibu exklusif, dan makanan pendamping asi yang tepat, serta terus memantau pertumbuhan sang buah hati.
Shared Post:
Arsip Berita
Berita Terbaru
Berita Terkomentari